ADVERTISING

ANDA DAPAT BERIKLAN DI BLOG KAMI INI.
HUBUNGI: 08991658370

KURSUS BAHASA INGGRIS

REVIVAL ENGLISH COURSE MEMBUKA PENDAFTARAN KURSUS, BAIK TUTORIAL PRIVAT DI RUMAH MAUPUN KURSUS DI TEMPAT KAMI.
ALAMAT: DUA JALUR BELAKANG STADION MAESA, DEPAN SMA 3 TONDANO, DESA KEMBUAN, TONDANO UTARA, MINAHASA.
NO TELEPON: 08991658370 - 082191576688

Friday, July 19, 2019

MENGUASAI MODAL DENGAN MUDAH 1


Grammar/tata bahasa
Modals / Kata kerja bantu
Modal merupakan bagian dari kata kerja bantu (Auxilliary verb), yang memiliki fungsi untuk mempertajam suatu kalimat. Menurut bentuknya modals di bagi menjadi 2 yaitu:
A. Pure Modlas / Modal utuh
Yang termasuk Pure Modal adalah,
Can                               Bisa, Boleh, Bisakah, Bolehkah
Could                            Bisa, Boleh, Bisakah, Bolehkah
Will                              Akankah, Akan, bolehkah, hendak, kehendak, tujuan
Would                          Akan, bolehkah, Maukah, Akankah
Shall                            Akan, Akankah, Maukah,Seharusnya, Harus
Should                         Harus, seharusnya, haruskah, Maukah
May                              Maukah, Bolehkah, Mungkinkah, Mungkin, Boleh
Must                            Harus, Pasti
Need                            Perlu
Might                           Maukah, Bolehkah, Mungkinkah, Mungkin
Ought                           Harus
Dare                             Berani, Beranikah
Modals yang disertai nonverb atau bukan kata kerja, harus menggunakan To Be. Lihat contoh kalimat di sebelah.
1. Can, Bisa Boleh
a. Digunakan untuk menyatakan suatu kemampuan atau kemahiran seseorang.
He can lift the big box.
Dia bisa mengangkat kotak yang besar.
b. Digunakan untuk menyatakan izin.
You can go home now.
Kamu bisa pulang ke rumah sekarang.
C. Untuk menyatakan aktivitas yang bisa kita kerjakan atau lakukan.
I can visit you tomorrow afternoon.
Saya bisa mengunjungi kamu besok sore.

2. Could, bisa boleh
a. Digunakan untuk menyatakan kemampuan di waktu lampau.
She could play Volleyball when she was young.
Dia bisa bermain bola voli ketika dia masih muda.
b. Permintaan bantuan dan permintaan izin yang lebih sopan/resmi.
Could you let me pass this way?
Bolehkah saya melewati jalan ini?
Could you help me for a moment?
Bolehkah kamu menolong saya sejenak?
c. Memilih tapi belum diputuskan.
You could find him in his house or in his office.
Kamu bisa menemukan dia di rumahnya atau di kantornya.

3. May, Boleh Mungkin Semoga Biarlah
a. Permintaan Izin yang halus
May I go with her to the movie?
Bolehkah saya pergi dengannya ke Bioskop?
b. Suatu kemungkinan.
I may stay here for a while
Saya mungkin tinggal di sini untuk sementara.
She may service badly.
Dia mungkin melayani dengan buruk.
C. Penolakkan izin atau permintaan secara halus.
The students may not smoke in the class room.
Siswa-siswa tidak diperbolehkan merokok di ruang kelas.
d. Permohonan doa untuk seseorang.
May God bless you.
Biarlah/semoga Tuhan memberkatimu.

4. Might, Boleh Mungkin
a. Digunakan pada kalimat lampau.
Joni might cook yesterday before he gotten injured with his finger.
Joni boleh memasak kemarin sebelum dia mendapat cedera dengan jarinya.
She said that i might use her car.
Dia bilang bahwa saya bisa boleh menggunakan mobilnya.
b. Kemungkinan yang lebih lemah.
She might come tomorrow.
I might come tomorrow morning.
Dia mungkin datang besok.
c. Permohonan izin yang lebih halus
Might your know your name?
Bolehkah saya mengetahui nama anda?

Might i sit here beside you?
Bolehkah saya duduk di sini di samping anda?

Now try to translate this short story in Indonesia.
Devi is my friend. She often careless and forgetful girl. She may not bring her school tools if her mother does not always remind her. I remember the moment when Devi forget there would be daily examination tomorrow. At the morning in the school, i told her that we we will do the examination. She was very shocked and already remember it. Finally she could not learn more the subjects again before the examination began. I was pity to her as her friend. After that experienced, i always remind her if there will be examination tomorrow.

Now try to translate this short story in English.
Renata mengajak saya ke pesta ulang tahun Avril. Tapi saya bilang pada Renata bahwa Saya bisa datang besok jika dia pergi dengan saya ke pesta itu. Syalom, Marcella, dan Velove mungkin datang juga ke pesta itu. Kami boleh berkumpul dengan teman-teman yang lain. Saya bilang pada Renata, jangan lupa mengingatkan saya lagi tanggal pesta itu. Saya menyediakan sebuah hadiah yang bagus untuk sahabat saya Avril.

No comments:

Post a Comment

IKLAN