ADVERTISING

ANDA DAPAT BERIKLAN DI BLOG KAMI INI.
HUBUNGI: 08991658370

KURSUS BAHASA INGGRIS

REVIVAL ENGLISH COURSE MEMBUKA PENDAFTARAN KURSUS, BAIK TUTORIAL PRIVAT DI RUMAH MAUPUN KURSUS DI TEMPAT KAMI.
ALAMAT: DUA JALUR BELAKANG STADION MAESA, DEPAN SMA 3 TONDANO, DESA KEMBUAN, TONDANO UTARA, MINAHASA.
NO TELEPON: 08991658370 - 082191576688

Tuesday, July 9, 2019

Menguasai Demonstrative Pronoun/ kata ganti penunjuk

Demonstrative Pronoun/ kata ganti penunjuk
Merupakan kata ganti yang berfungsi untuk menunjukkan benda ataupun oknum yang dimaksud. Terbagi dalam bentuk tunggal dan jamak (lebih dari satu).
Contoh dalam kalimat:
1. Bentuk tunggal/singular:
This is a ruller.     Ini sebuah mistar.
That is a brazier.       Itu adalah sebuah kompor.
This is Mr Herry, he is my uncle.
Ini adalah tuan Herry, dia adalah paman saya.
That is Mrs Carlla, she is my cousin.
Itu adalah nyonya Carlla, dia adalah sepupu saya.
This is a great wall in China, it is the ones great heritage of the world.
Ini adalah tembok raksasa China, salah satu warisan besar dunia.
That is my church, I go to that church every Sunday.
Itu adalah gereja saya, saya pergi ke gereja setiap hari Minggu.
This is Leon, he comes here every week.
Ini adalah Leon, dia datang kemari setiap minggu.
That is my relative, he never know you.
Ini adalah saudara saya, dia tidak pernah mengenalmu.

2. Bentuk jamak/ plural:
These are the officers, they always come early.
Ini adalah para pegawai, mereka selalu datang awal.
Those are the sheeps, they are mine.
Itu adalah domba-domba, mereka adalah milik saya.
These are animals, they live in the zoo.
Ini adalah hewan-hewan, mereka tinggal di kebun binatang.
Those are boxes of sugar, my mother cooks a lot of cookies today.
Itu adalah kotak-kotak gula, ibu saya memasak banyak kue hari ini.
These are the guests of my party, we invite them to attend here.
Ini adalah tamu-tamu pesta saya, kami mengundang mereka untuk hadir.
Those are tv reporters, they report that event.
Mereka adalah para reporter tv (peliput berita), mereka meliput peristiwa itu.
These are my friends, we want to talk with you.
Ini adalah teman-teman saya, kami mau bercakap-cakap denganmu.
Those are fruits in the fruit shop, she sales it cheaply.
Itu adalah buah-buahan di toko buah, dia menjualnya dengan murah.

Sekarang perhatikan beberapa perubahan letak demonstrative pronoun dalam kalimat.
I buy a car, i like that.      Saya membeli sebuah mobil, saya menyukainya.
It runs around the hall, he likes to do that.
Dia berlari berkeliling aula, dia sangat suka melakukan itu.
My father has more funny stories, he always story those.
Ayah saya memiliki banyak cerita-cerita lucu, dia selalu menceritakannya.
We wash the clothes every day, we do not like to let those be dirty long time.
Kami mencuci pakaian-pakaian kami setiap hari, kami tidak mau membiarkannya berlama-lama kotor.
Raisya ever goes to Bali, she still remembers that experience.
Raisya pernah pergi ke Bali, dia masih ingat pengalamanya itu.
Perhatikan kata “ever goes to Bali” sebagai sebuah pengalaman yang di kalimat berikut menjadi that dan diartikan sebagai “nya”.
Daniel needs some butter for his cooking, he has to prepares that before starts to cook.
Daniel membutuhkan sedikit mentega, dia harus menyiapkannya sebelum mulai memasak.
Perhatikan kata “butter” yang berarti mentega, ketika menjadi kata “that” dalam kalimat berikut diartikan sebagai “nya”.
They open that effort in this town, I hope God will bless that.
Mereka membuka usaha itu di kota ini, saya harap Tuhan memberkati usaha mereka itu.
Perhatikan kata “that” yang diartikan lengkap sebagai “usaha mereka itu”.

Jadi dari contoh-contoh kalimat di atas maka kata ganti penujuk atau demonstrative pronoun memiliki arti yang luas ketika berada dalam kalimat tergantung posisinya dalam kalimat maupun oknum apa yang digantikannya apakah itu benda, orang atau kejadian dan peristiwa.

No comments:

Post a Comment

IKLAN